Arda, Ikhsan (2018) Pengembangan Trainer Rangkaian Listrik dan Pengukuran Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_IKHSAN_ARDA_1306188_3032_2018.pdf [thumbnail of B1_03_IKHSAN_ARDA_1306188_3032_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_IKHSAN_ARDA_1306188_3032_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media yang ada belum optimal dikarenakan media yang digunakan belum menarik minat peserta didik. Media yang digunakan (papan rangkaian) membutuhkan waktu lama dalam pengoperasian. Papan rangkaian kurang praktis sehingga banyak peserta didik yang kurang menguasai materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan trainer yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development).Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah trainer pembelajaran praktik Dasar Listrik dan Elektronika kepada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Adapun uji validasi terdiri dari 3 orang validator, uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru beserta 19 orang peserta didik kelas X TITL 1 SMK Tilatang Kamang sebagai responden uji coba terbatas dan 23 orang peserta didik kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Tilatang Kamang sebagai responden uji pemakian. Uji efektivitas dilakukan oleh 23 orang siswa kelas X TITL 2 di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Data efektivitas diperoleh dari penilaian kinerja peserta didik (rubrics). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer sebagai media pembelajaran ini dinyatakan berhasil menghasilkan trainer yang valid, prakris dan efektif. Trainer yang dihasilkan dengan kriteria valid dengan rata-rata sebesar 90%. Praktikalitas trainer yang dihasilkan dengan kriteria sangat praktis oleh guru dengan rata-rata sebesar 96% dan memiliki kriteria juga sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata 90%. Efektifitas trainer yang dihasilkan dengan kriteria efektif dengan rata-rata 86,9%. Dengan demikian trainer sebagai media pembelajaran ini efektif digunakan dalam pembelajaran praktik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan trainer, media pembelajaran, dasar listrik dan elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7226 |