Kirana, Hidayat Refan (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMKN 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HIDAYAT_REFAN_KIRANA_16386_1663_2018.pdf [thumbnail of B1_03_HIDAYAT_REFAN_KIRANA_16386_1663_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HIDAYAT_REFAN_KIRANA_16386_1663_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization di SMKN 2 Payakumbuh. Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran belum bervariasi. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang kurang aktif selama proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang belum bervariasi ini, mengakibatkan siswa kurang mandiri dalam belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMKN 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest berupa soal objektif sebanyak 25 item untuk pretest dan 30 item untuk posttest. Hasil belajar pada saat pretest dan posttest yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data-data fakta yang menunjukkan rata-rata skor pretest sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TAI sebesar 69,47 dan rata-rata skor posttest setelah diberi perlakuan sebesar 82,78. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus gain score, didapatkan rata-rata nilai gain score = 0,430. Nilai gain score ini menunjukkan peningkatan hasil belajar memiliki kategori sedang. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X TITL SMKN 2 Payakumbuh dengan penerapan model pembelajaran TAI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Indiviualization, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:05 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6989 |