Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi dengan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 1 Bukittinggi

Hidayah, Hidayah (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi dengan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HIDAYAH_1699_2015.pdf] Text
B1_03_HIDAYAH_1699_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu siswa juga sulit untuk memahami materi pembelajaran, sehingga siswa menjadi tidak aktif dalam kelas. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah metode resitasi. Metode ini dapat digunakan atau diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkat umur, setiap siswa dapat belajar secara mandiri dan mengemukakan pemahaman serta pendapatanya. (Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode resitasi dan metode ceramah dalam pembelajaran dasar dan pengukuran listrik di SMK N 1 Bukittinggi). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi eksperiment), dengan subjek penelitian siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penentuan kelas dilakukan secara acak yakni terpilih kelas X TIPTL I yang berjumlah 32 orang, sebagai kelas eksperimen dan kelas X TIPTL II yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Setelah itu untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis rata-rata hasil belajar. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol secara acak dapat dilakukan karena rata-rata hasil belajar siswa kelas X TIPTL tidak berbeda secara signifikan, yang berarti siswa memiliki kemampuan awal yang sama. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil posttest berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal. Data hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol di peroleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian terlihat hasil belajar siswa yang menggunakan metode resitasi memiliki rata-rata nilai 84,78, dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata nilai 81,29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran metode resitasi dan metode ceramah mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 1 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Metode Ceramah dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:05
Last Modified: 22 Apr 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6986

Actions (login required)

View Item
View Item