Saputra, Hendri (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Langsung Pada Mata Diklat Menguasai Konsep Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 X Koto Diatas Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HENDRI_SAPUTRA_5473_2015.pdf [thumbnail of B1_03_HENDRI_SAPUTRA_5473_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HENDRI_SAPUTRA_5473_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menguasai Konsep Dasar Listrik dan Elektronika. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan tidak mau bertanya kepada guru. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa antara Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pembelajaran Langsung pada Mata Diklat Menguasai Konsep dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 X Koto Diatas Solok. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain postest, group eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan group kontrol menggunakan metode pembelajaran langsung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 X Koto Diatas yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Kedua kelas ini dipilih secara acak setelah melakukan uji t dan kedua kelas tidak mempunyai perbedaan. kelas X TKJ A group A terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas X TKJ A group B terdiri dari 16 orang siswa sebagai kelas experimen. Pengujian instrumen dilakukan di SMKN 2 Gunung Talang Solok kelas X TAV terdiri dari 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (postest) berupa soal objektif sebanyak 30 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Hasil analisis data pengujian hipotesis dengan t-test, diperoleh t i hitung sebesar �, �� dan untuk t tabel 2,048, kemudian t hitung dibandingkan dengan t tabel . yaitu t hitung > t tabel . Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima atau hipotesis (H0) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar pada mata diklat Menguasai Konsep dasar Listrik dan Elektronika siswa SMKN 1 X Koto Diatas Solok. Jika menginginkan hasil belajar mata diklat Menguasai Konsep dasar Listrik dan Elektronika lebih baik, disarankan menggunakan metode bervariasi salah satunya metode kooperatif tipe Jigzaw.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kooperatif Tipe Jigzaw, Hasil Belajar, Menguasai Konsep Dasar Listrik dan Elektronika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:55 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6928 |