Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Pariaman

Hendra Mulia, Hendra (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HENDRA_MULIA_957_2016.pdf] Text
B1_03_HENDRA_MULIA_957_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) menggunakan media pembelajaran interaktif di SMK Negeri 1 Pariaman. Media pembelajaran interaktif ini dilatar belakangi oleh penggunaan media yang belum dapat meningkatkan aktifitas siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan SMK Negeri 1 Pariaman pada mata pelajaran MRL. Oleh karena itu, perlu penggunaan media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran MRL di SMK Negeri 1 Pariaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X T I T L 1 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 34 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal tersebut. Setelah dilakukan validasi soal dan reliabilitas soal didapat soal pilihan ganda pretest sebanyak 25 item dan soal posttest sebanyak 25 item yang digunakan sebagai soal tes dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest. Ratarata nilai pretest sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 74,35 dan rata-rata nilai posttest setelah menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 86,56. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori sedang yaitu 0,476. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL1 SMK Negeri 1 Pariaman pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:29
Last Modified: 25 Apr 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item
View Item