Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti

Nofrini, Helsi (2017) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HELSI_NOFRINI_93895_1428_2017.pdf] Text
B1_03_HELSI_NOFRINI_93895_1428_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti, ditemukan masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika. Kurangnya aktivitas belajar siswa disebabkan guru lebih mendominasi kegiatan belajar dan metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan guru sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penggunaaan power point beranimasi terhadap hasil belajar matematika di kelas VII SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini diakukan dalam bentuk quasy eksperiment guna melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas yang menggunakan power point beranimasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti yang berjumlah 205 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling.Sampel penelitian ini adalah kelas VII a (Kelas Eksperimen) dan kelas VII b (Kelas Kontrol). Jumlah tiap kelas adalah 34 orang. Data diperoleh dari tes objektif mengenai pokok bahasan Bangun ruang. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,38 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 74,24. Dari analisis uji-t diperoleh t htung >t tabe l =2,696 > 2,556 dengan α 0,05. Maka disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan Power Point Beranimasi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, Power Point beranimasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:29
Last Modified: 22 Apr 2025 06:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item
View Item