Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pembelajaran Kuantum Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 2 Lubuk Basung

Trivandy, Hedro (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pembelajaran Kuantum Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HEDRO_TRIVANDY_1302343_1050_2018.pdf] Text
B1_03_HEDRO_TRIVANDY_1302343_1050_2018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat bantu mengajar yang digunakan dalam mengarahkan proses pembelajaran menjadi lebih fokus dan efektif. Pada penelitian ini, Lembar Kerja Siswa (LKS) menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dengan menambahkan model pembelajaran kuantum yang mampu mempertajam pemahaman dan daya ingat siswa yang akan membuat belajar menjadi suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas perangkat pembelajaran Lembar Kerja Siswa yang digunakan pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reserch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada pengembangan model 4D dengan empat tahap pokok, yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektifitas adalah siswa kelas X TKL dan guru mata pelajaran DPL. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro dan dua orang guru DPL sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru DPL dan siswa kelas X TKL1. Data efektifitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas X TKL 1. Hasil penelitian diperoleh data validitas dari tim validator yaitu validator 1 sebesar 82,6%, validator 2 sebesar 83,4%, validator 3 sebesar 93% dan validator 4 sebesar 88,4% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasi uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 96,1% dan siswa sebesar 91,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas LKS sebesar 92,5% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran DPL yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran Kuantum, Dasar dan Pengukuran Listrik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:44
Last Modified: 25 Apr 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6862

Actions (login required)

View Item
View Item