Rahmat, Roni Eka (2019) Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RONI_EKA_RAHMAT_15063036_3324_2019.pdf [thumbnail of B1_3_RONI_EKA_RAHMAT_15063036_3324_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RONI_EKA_RAHMAT_15063036_3324_2019.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Indikasi ini diketahui dari beberapa orang siswa yang membolos pada saat jam pembelajaran berlangsung, beberapa orang siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan di sekolah maupun tugas untuk di rumah, beberapa orang siswa acuh tak acuh dengan guru yang mengajar di kelas, beberapa orang siswa mengganggu teman saat belajar, dan ditemukan siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimental, dengan desain penelitian One group pretest – posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL A dengan jumlah siswa 30 orang. Metode pengumpulan data diperoleh menggunakan hasil pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan untuk melihat evektifitas metode dalam meningkatkan kemampuan siswa dapat dilihat dengan analisis ketuntasan klasikal dan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya metode pembelajaran berbasis ICT efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam domain kognitif. Hal ini dapat diketahui dari penguasaan pembelajaran yang telah dicapai oleh sebahagian besar siswa atau ketuntasan hasil belajar siswa yang ditandai dengan benyaknya siswa yang tuntas atau secara klasikal adalah 90 %. Selain itu juga dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pretest dan postest yang diperoleh dari hasil analisis Effect Size dengan nilai 2,375 yaitu dalam kategori besar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICT , Efektivitas, Ketuntasan Klasikal, Effect Size. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:00 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6815 |