Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Menggunakan Startegi Think Talk Write (TTW) untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Theresia, Monica (2017) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Menggunakan Startegi Think Talk Write (TTW) untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MONICA_THERESIA_15124037_1173_2017.pdf] Text
B1_01_MONICA_THERESIA_15124037_1173_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah bahan ajar berdasarkan hasil analisis bahan ajar menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar (SD) yaitu : bahan ajar yang ditemukan belum memuat tahapan menulis yang lengkap sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis narasi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu : analisis pendahuluan (preliminary research), tahap perancangan (prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar keterlaksanan RPP, angket respon guru, angket respon peserta didik dan pedoman wawancara dengan guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik, penilaian proses menulis narasi dan penilaian hasil menulis narasi. Berdasarkan hasil uji validitas diperoleh data persentase rata-rata nilai validasi RPP 87,8% kategori sangat valid, dan bahan ajar adalah 88,2% kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas diperoleh dari nilai keterlaksanaan RPP 88,82% kategori sangat praktis, penilaian respon guru 92,2% kategori sangat praktis, penilaian respon peserta didik tahap one to one 87,5% kategori sangat praktis, penilaian respon peserta didik pada tahap small group 82,5% dengan kategori sangat praktis, penilaian respon peserta didik pada tahap field test 81,6% kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh dari aktivitas peserta didik 88,3% kategori sangat tinggi, hasil penilaian proses menulis narasi 84,5% kategori sangat tinggi dan rata-rata penilaian hasil karangan narasi 82,2% kategori sangat
baik dengan persentase ketuntasan melebihi batas minimal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis narasi menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:43
Last Modified: 22 Apr 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item
View Item