Irma, Ade (2018) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI antara yang diberi Teka-teki Silang dan Kartu Pertanyaan dalam Model Pembelajaran Think Pair Share di SMAN 1 Padang Sago. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ADE_IRMA_1301486_1100_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ADE_IRMA_1301486_1100_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ADE_IRMA_1301486_1100_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Padang Sago adalahkurangnya minat dan motivasi siswa dalam pelajaran biologi dan strategipembelajaran belum bervariasi, serta media yang digunakan belum efektif. Hal inimenyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran.Banyak upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dankeaktifan siswa dalam proses pembelajaran, antara lain dengan memberikanmedia Teka-Teki Silang dan Kartu Pertanyaan untuk meningkatkan hasil belajarsiswa dalam model pembelajaran Think Pair Share pada kelas XI di SMAN 1Padang Sago Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan TheStatic Group Comparison Design. Sampel ditentukan dengan teknik purposivesampling. Kelas eksperimen I diberi Teka-teki Silang dan kelas eksperimen IIdiberi kartu pertanyaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasilbelajar kognitif dan lembar pengamatan afektif. Data dianalisis dengan uji t.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelasyang diberi teka-teki silang lebih tinggi dari kelas yang diberi kartu pertanyaanyaitu 84,7 dan 80,8. Berdasarkan hasil analisis data pada α 0,05 dengan dk=45didapatkan thitung= 2,34 dan harga ttabel=1,68 dengan demikian thitung>ttabel. Jadidapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antarayang diberi teka-teki silang dan kartu pertanyaan dalam model pembelajaranThink Pair Share di kelas XI SMAN 1 Padang Sago, maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif TPS, Teka-teki silang, Kartu pertanyaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:41 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6781 |