Putra, Dedi Eka (2012) Komitmen Guru pada Tugas Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Iklim Kerjasamasama di SMP Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEDI_EKA_PUTRA_51351_6184_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DEDI_EKA_PUTRA_51351_6184_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEDI_EKA_PUTRA_51351_6184_2012.pdf
Download (552kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dilapangan, teramati bahwa komitmen guru pada
tugas SMP di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi
Sumatera Barat masih kurang baik. Peneliti menduga motivasi berprestasi dan
Iklim Kerjasamasama berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas SMP di
Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Kabupaten Pesisir Selatan, oleh karena itu
perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi
berprestasi terhadap komitmen guru pada tugas di SMP Kecamatan Batang Kapas,
kontribusi Iklim Kerjasamasama terhadap komitmen guru pada tugas di SMP
Kecamatan Batang Kapas dan kontribusi motivasi berprestasi dan Iklim
Kerjasamasama secara bersama-sama terhadap komitmen guru pada tugas di SMP
Kecamatan Batang Kapas. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1)
Motivasi berprestasi berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas, 2) Iklim
Kerjasamasama berkontribusi terhadap Komitmen guru pada tugas, 3) Motivasi
berprestasi dan Iklim Kerjasamasama secara bersama-sama berkontribusi terhadap
komitmen guru pada tugas.
Populasi penelitian ini adalah semua guru-guru SMP di Kecamatan Batang
Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan
honor. Jumlah populasi sebanyak 94 orang. Sampel penelitian berjumlah 49
orang yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified proportional random
sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang
telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi
dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi berprestasi
berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas sebesar 21,4%. 2) Iklim
Kerjasamasama berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas sebesar 14%.
3) motivasi berprestasi dan Iklim Kerjasamasama secara bersama-sama
berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas sebesar 43,8%. Berdasarkan
hasil analisis deskriptif terlihat bahwa motivasi berprestasi berada pada kategori
baik
Motivasi berprestasi dan Iklim Kerjasamasama adalah dua faktor penting
yang berkontribusi terhadap komitmen guru pada tugas di samping faktor-faktor
lain yang tidak bisa diabaikan yang juga berkontribusi terhadap komitmen guru
pada tugas SMP di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang
belum dikaji dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:17 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6725 |