Pengaruh Penerapan Mastery Learning Dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir

Wulandari, Riski (2012) Pengaruh Penerapan Mastery Learning Dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RISKI_WULANDARI_1105417_4406_2015.pdf] Text
B1_3_RISKI_WULANDARI_1105417_4406_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir ditemui masalah bahwa sebagian besar siswa kelas X masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Hal tersebut disebabkan oleh masih adanya guru dalam pelaksanaan proses mengajar hanya memperhatikan materi cepat selesai saja, tanpa memperhatikan metode dan media ajar yang digunakan, kurangnya minat dan motivasi siswa juga menjadi penyebab masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan Mastery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Mastery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Mastery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir yang berjumlah 285 orang yang terdiri dari 9 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan X 3 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan Mastery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar adalah 80,3 dan standar deviasi (SD) sebesar 8,70 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 72,41 dan standar deviasi (SD) sebesar 80,4. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 3,50 dan t 2,000, dalam taraf kepercayaan α 0,05, sehingga t hitung > t tabel tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Mastery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Bahan Ajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Diskusi Kelompok, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:59
Last Modified: 21 Apr 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item
View Item