Urgensi Pengembangan Kompetensi Pamong Belajar dalam Pelayanan Program Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Bagian Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa

Bartin, Tasril (2016) Urgensi Pengembangan Kompetensi Pamong Belajar dalam Pelayanan Program Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Bagian Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa. In: Prosiding Seminar Nasional Kompetensi Pendamping Pembangunan Desa, 6 Oktober 2016, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
TASRIL BARTIN.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Pembangunan atau pemberdayaan masyarakat desa yang dimaksudkan dalam tulisan ini bukanlah pembangunan desa yang diartikan secara administratif, melainkan pembangunan desa dalam pengertian geografis dan sosiologis yaitu pembangunan bagi masyarakat yang masih berada dalam suasana pedesaaan yang dicirikan dengan sumber perekonomian utama adalah dari sektor pemanfaatan lahan, masih berkembangnya nilai, norma, dan budaya pedesaan, meskipun secara administratif masyarakat ini berada dalam lingkup pemerintahan kota. Pada dasarnya pencapaian tujuan pemberdayaan masyarakat desa lebih dominan melalui pendidikan luar sekolah. Oleh karena itu, pamong belajar sebagai salah satu tenaga pendidik luar sekolah yang melaksanakan tugas pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan kompetensinya dalam mengemban tugas pelayanan pendidikan luar sekolah. Semakin baik kompetensi yang dimiliki, semakin baik pula mutu layanan yang diberikan. Tercapainya standar kompetensi yang maksimal ditandai oleh tampilan kerja (performance)yang profesional dan berdaya guna. Performance ini akan lebih maksimal lagi apabila diiringi dengan perbaikan pada berbagai aspek kelembagaan SKB tempat bernaung, diantaranya perbaikan budaya organisasi, perbaikan fasilitas kerja, perbaikan kepemimpinan, dan perbaikan kesejahteraan. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi pamong belajar dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan luar sekolah adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan hendaklah bersifat komprehensif dan berkelanjutan dan disesuaikan dengan kon- teks program, tantangan program, skala prioritas program, kebutuhan masyarakat, serta potensi spesifik lainnya yang dimiliki oleh individu Pamong Belajar. Oleh karenanya perlu dilakukan penilaian kebutuhan (need assessment) terhadap pengembangan model diklat yang diberikan sehingga relevan dengan kebutuhan tantangan program yang dilayani.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 13 Jan 2017 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item