Husli, Rio (2012) Perbedaaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL Menggunakan Metode Tugas dan Metode Konvensional Pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIO HUSLI_87730_2012_4054.pdf [thumbnail of B1_3_RIO HUSLI_87730_2012_4054.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIO HUSLI_87730_2012_4054.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran MHP di SMKN 1 Padang kurang efektif khususnya pada pokok bahasan memahami peralatan ukur listrik (kWh meter). Hal ini dikarenakan dalam proses ppembelajaran masih menggunakan metode konvensional atau ekspositori. Sehingga dalam penelitian ini berlatar belakang pada ketertarikan peneliti untuk menerapkan metode tugas pada proses pembelajaran MHP di SMKN 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MHP melalui metode pemberian tugas SMKN 1 Padang tahun pelajaran 2011/2012, (2) Mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MHP melalui metode pemberian tugas SMKN 1 Padang tahun pelajaran 2011/2012, (3) untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran MHP SMKN 1 Padang tahun pelajaran 2011/2012 Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TITL semester 2 SMKN 1 Padang yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh siswa kelas X TITL.A sebagai kelas eksperimen, sedang kelas kontrolnya adalah kelas X TITL.B. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode tugas , sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Sebelum dilakukan menghitung data, instrumen diujicobakan terlebih dahulu. Dari 30 soal uji coba terdapat 25 soal valid dan keseluruhan soal dinyatakan dengan klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan pada lampiran 21, diperoleh thitung > ttabel, jadi Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode tugas dan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbedaan Hasil Belajar, Tugas, Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6276 |