Pengembangan Multimedia Interaktif Tipe Tutorial Pada Mata Pelajaran TI&K Untuk Kelas IX SMP

Anggraini, Rinny (2013) Pengembangan Multimedia Interaktif Tipe Tutorial Pada Mata Pelajaran TI&K Untuk Kelas IX SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RINI_ANGGRAINI_01182_3392_2013.pdf] Text
B1_3_RINI_ANGGRAINI_01182_3392_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan media Multimedia Interaktif merupakan salah satu pembelajaran yang menggabungkan aspek video, animasi, gambar serta suara didalamnya. Multimedia Interaktif merupakan program pembelajaran yang menggunakan software Macromedia Director MX 2004, dan mengkombinasikan dengan software dari Adobe Dreamweaver dan Photoshop yang mendukung pembuatan Multimedia Interaktif. Berdasarkan beberapa tipe Multimedia Interaktif yang digunakan Tipe Tutorial dipilih untuk memenuhi kebutuhan siswa. Tutorial memberikan kepuasan/pemahaman secara tuntas (mastery) kepada siswa mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajari baik dalam bentuk teks maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif Tipe Tutorial yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata pelajaran TI&K kelas IX SMP semester 1 melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model prosedural Borg & Gall yang bersifat deskriptif dan disederhanakan sesuai kebutuhan penelitian. Subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi yakni 1 orang guru SMP 15 Padang dan 1 orang guru SMP 16 Padang, dua orang ahli media yakni dosen jurusan KTP UNP, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian untuk melihat validitas dari aspek materi dan aspek media, kemudian angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kepraktisan bagi subjek coba. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk Multimedia Interaktif Tipe Tutorial berada pada kategori Sangat Baik (91,5%), memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,55 (skor maksimum 5). Untuk aspek materi termasuk dalam kategori Sangat Baik (95%) jumlah rerata skor sebesar 4,5 (skor maksimum 5). Untuk aspek media termasuk dalam kategori Sangat Baik (88%) jumlah rerata skor sebesar 4,4 (skor maksimum 5). Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba produk Multimedia Interaktif Tipe Tutorial berada pada kategori Sangat Baik (92%) dengan rerata 4,6 (skor maksimum 5). Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk Multimedia Interaktif Tipe Tutorial ini layak digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam mata pelajaran TI&K kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:14
Last Modified: 21 Apr 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6233

Actions (login required)

View Item
View Item