Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi dan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman

Wati, Rina (2012) Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi dan Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RINA_WATI_87903_1559_2012.pdf] Text
B1_3_RINA_WATI_87903_1559_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada siswa agar dapat berpikir kritis, kreatif, rasional dan bertindak cerdas dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru harus mampu memilih metode belajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Namun fenomena yang terjadi di kelas VIII 7 guru biasa menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga kurang dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi dan tutor sebaya pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII 7 pada semester I 2011/2012 yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII 7 dan VIII 6. Alat pengumpulan data digunakan lembaran tes berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji T (t-Test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen dengan metode Demonstrasi & Tutor Sebaya 70,38, lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol 62,79. Perhitungan t-test menyatakan bahwa t hitung 2,72 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t table 2,000, sehingga t hitung > t table. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kelas yang menggunakan metode demonstrasi & Tutor Sebaya (kelas eksperimen) dengan hasil belajar kelas yang menggunakan metode konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi & Tutor Sebaya efektif pada mata pelajaran TIK siswa kelas VIII SMP 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:57
Last Modified: 21 Apr 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item
View Item