Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. IIA1 pada Mata Pelajaran Fisika dengan Model Problem- Based Instruction (PBI) SMA Negeri 2 Pekanbaru

Desmalita, Desmalita (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. IIA1 pada Mata Pelajaran Fisika dengan Model Problem- Based Instruction (PBI) SMA Negeri 2 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESMALITA_11118_5009_2012.pdf] Text
B1_1_DESMALITA_11118_5009_2012.pdf

Download (144kB)

Abstract

Fisika adalah pelajaran kompleks yang bukan hanya membahas tentang
teori tetapi juga melakukan eksperimen yang akan menunjang penemuan di
masa depan. Salah satu tujuan Fisika pada Kurikulum 2004 adalah, siswa dapat
mengembangkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Ini berarti
mereka harus mempelajari pertanyaan-pertanyaan dan bagaimana untuk
menyelesaikannya, dan dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
dan
kemampuannya pada bidang studi fisika dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan penelitian di SMAN 2 Pekanbaru, ditemukan bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika. Ada beberapa
sebab mengapa siswa kesulitan. Tidak tersedianya alat-alat eksperimen adalah
salah satunya. Namun, sebab utama adalah karena aktivitas siswa dan
kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di kelas XI.IIA1 SMAN 2 Pekanbaru. Tindakan yang
dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah
(Problem Based Instruction) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdapat 4 tahap, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen
pengambilan data adalah lembar observasi aktivitas dan ulangan harian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan
kemampuan pemecahan masalah di kelas XI.IIA1 dengan penerapan model
pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) ini. Aktivitas siswa meningkat
dari 52% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Tingkat ketuntasan dalam
pemecahan masalah juga meningkat dari 73% pada siklus 1 menjadi 82% pada
siklus 2.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:41
Last Modified: 21 Apr 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item
View Item