Mardiah, Ina Yatul
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Kontak Mata Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Menggunakan Teknik DTT (Discrete Trial Training) Kelas I di SLBN 1 Kubung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Studi pendahuluan dimulai di SLBN 1 Kubung, di mana seorang siswa laki-laki dengan gangguan spektrum autisme dengan inisial MR yang saat ini duduk di bangku kelas I mengalami kesulitan dalam kontak mata. Oleh karena itu, dikemukakan rumusan masalah "Apakah teknik DTT (Discrete Trial Training) dapat meningkatkan kemampuan kontak mata anak dengan gangguan spektrum autisme (GSA) kelas I di SLBN 1 Kubung?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kontak mata anak dengan gangguan spektrum autisme (GSA).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) berdesain A-B. Metode analisis data didokumentasikan melalui analisis visual dan grafik.
Hasil Penelitian ini dilakukan selama 16 kali pertemuan dengan dua kondisi pengumpulan data. Kondisi baseline (A) dikumpulkan selama 5 kali pertemuan dengan hasil presentase 0%, 0%, 10%, 10%, 10%, dan kondisi intervensi (B) dikumpulkan selama 11 kali pertemuan dengan hasil presentase 30%, 40%, 30%, 50%, 50%, 70%, 70%, 90%, 90%, dan 90%. Berdasarkan data yang dapat dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa teknik Discrete Trial Training (DTT) dapat meningkatkan kemampuan kontak mata anak dengan gangguan spektrum autisme (GSA) kelas I di SLBN 1 Kubung.
Actions (login required)
|
View Item |