Afriliana, Elsya (2024) Kompetensi Literasi Informasi Topik Kesehatan Mental Generasi Z di Era Digital (Studi Kasus Mahasiswa FBS Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_10_ELSYA_AFRILIANA_ 20234033_3785_2024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi informasi topik kesehatan mental generasi Z di era digital (studi kasus Mahasiswa FBS Universitas Negeri Padang). Kompetensi literasi informasi diukur dengan menggunakan model literasi informasi the seven pilars SCONUL dengan indikator: identify, scope, plan, gather, evaluate, manage, dan present. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FBS angkatan 2020 berjumlah 1.018 populasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 91 sampel dengan menggunakan rumus slovin dan teknik yang digunakan yaitu proposional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) kemampuan mengenai identify berada pada kategori sedang dengan rata-rata 57,6. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa belum optimal dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi sebelum melakukan pencarian informasi; (2) kemampuan mengenai scope berada pada kategori sedang dengan rata-rata 56,7. Hal ini menunjuukan bahwa mahasiwa belum memiliki kemampuan yang optimal dalam mengidentifikasi kesenjangan informasi;(3) kemampuan mengenai plan berada pada kategori baik dengan rata-rata 61,9. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam menentukan strategi pencarian informasi; (4) kemampuan mengenai gather berada pada kategori sedang dengan rata-rata 58. Hal ini menunjuka bahwa mahasiswa belum memiliki kemampuan yang optimal dalam menentukan teknik yang tepat dalam mengumpulkan informasi;(5) kemampuan mengenai evaluate berada pada kategori baik dengan rata-rata 67,7. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam mengevaluasi informasi;(6) kemampuan mengenai manage berada pada kategori baik dengan rata-rata 63. Hal ini menunjuukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola informasi; (7) kemampuan mengenai present berada pada kategori baik dengan rata-rata 62,8. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam menyajikan informasi dan mempresentasikannya secara efektif kepada khalayak. Secara keseluruhan indikator memperoleh rata-rata sebesar 61,1 dalam kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan literasi informasi topik kesehatan mental
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI LITERASI INFORMASI |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 10:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 10:02 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54808 |
Actions (login required)
View Item |