Efektivitas Kegiatan Shelving Terhadap Temu Kembali Informasi Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Muhazra, Muhazra (2024) Efektivitas Kegiatan Shelving Terhadap Temu Kembali Informasi Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_MUHAZRA_20234090_4205_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan shelving terhadap temu kembali informasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka di Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka yang berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Sumatera Barat karena menggunakan Shelving dari bulan Juni 2023 sampai bulan Agustus 2023 yang berjumlah 9.353 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling yang diambil mewakili populasi kemudian jumlah sampel sebanyak 99 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa efektivitas shelving berpengaruh positif dan signifikan terhadap temu kembali informasi pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. (1) variabel X (shelving) dari indikator yang telah ditentukan menunjukkan secara keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 71,78% pada dengan kategori baik. (2) variabel Y (temu kembali informasi) dari indikator yang telah ditentukan menunjukkan secara keseluruhan dengan nilai persentase sebesar 76,18% pada dengan kategori baik. (3) efektivitas shelving berpengaruh Signifikan terhadap temu kembali informasi. Hal ini mengartikan bahwa semakin efektiv shelving yang ditetapkan maka akan meningkatkan temu kembali informasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat, dan begitu juga sebaliknya. Jadi efektivitas shelving berpengaruh Signifikan terhadap temu kembali informasi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat sebesar 52,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
CorrectorAsmara, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SHELVING
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:41
Last Modified: 25 Oct 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54795

Actions (login required)

View Item View Item