Mardianti, Ilfa
(2024)
Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Topik Perubahan Wujud Benda Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan minimnya media pembelajaran yang bervariatif dan inovatif yang mengakibatkan kurangnya daya tarik dan minat belajar peserta didik yang berujung kepada rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan, karena siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran IPAS topik perubahan wujud benda dan salah satu alternative yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif pada topik perubahan wujud benda mata pelajaran IPAS kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangan, yaitu analisis (analysis), Perencanaan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal pre-test pos-test. Uji validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada peserta didik kelas IV SD Negeri 18 Pulau Punjung. Nilai pre-test dan post-test digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan multimedia interaktif.
Berdasarkan hasil dari validator materi diperoleh skor rata-rata 4,96 dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil validasi media I diperoleh skor rata-rata 4,97 dengan kategori “Sangat Valid” dan validasi media II diperoleh skor rata-rata 4,92 dengan kategori “Sangat Valid”. Media yang sudah dinyatakan valid akan diujicobakan kepada 14 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 18 Pulau Punjung. Hasil dari praktikalitas memperoleh skor rata-rata 4,60 dengan kategori “Sangat Praktis”. Kemudian dilakukan uji efektivitas menggunakan rumus N-gain, diperoleh nilai yaitu 0,62 termasuk kedalam kriteria “sedang” dan dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan efektif digunakan pada topik perubahan wujud benda mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Dari hasil uji validitas, praktikalitas dan efektivitas pada multimedia interaktif, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |