Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Menggunakan Media Berbasis Android pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research di Kelas II SLB Negeri Gunungsitoli).

Zendrato, Yaseroro (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Menggunakan Media Berbasis Android pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research di Kelas II SLB Negeri Gunungsitoli). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_YASERORO_ZENDRATO_23003283_5744_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Tunagrahita Ringan kelas II SLB Negeri Gunungsitoli, dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait pembelajaran mata pelajaran Matematika yaitu materi mengenal angka 1-10. Dalam pelaksanaan studi pendahuluan didapatkan hasil belajar siswa yang rendah, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil evaluasi siswa tunagrahita ringan pada materi mengenal angka 1-10 yaitu rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi mengenal angka 1 10. Adapun cara guru melaksanakan pembelajaran masih menggunakan media bergambar 2D dan ceramah sehinggan perlu alternatif lain untuk model pengajaran yang guru berikan agar hasil belajar siswa dapat optimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, berkolaborasi antara peneliti dan guru kelas dalam memperbaiki pembelajaran di dalam kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yakni dua anak tunagrahita ringan. Dalam pembelajaran mengenal angka 1-10 media yang diduganakan yaitu media Berbasiss Android yang menggunakan model berbasis tekhnologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pembelajaran mengenal angka 1-10 yang dilakukan siswa. Dimana proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dalam kategori masih rendah, yakni dengan skor perolehan siswa RH 35,2% dan AS 29,7%. Kemampuan siswa meningkat secara optimal dan pemebelajaranpun menjadi menyenangkan dengan prolehan skor RH 90% dan AS 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa media Berbasis Android dapat meningkatkan kemampuan mengenal angaka 1-10 pada siswa tunagrahita ringan kelas II. Kata kunci : Berbasis Android, angka 1-10, tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorTriswandari, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA ANDROID, TUNAGRAHITA RINGAN, KEMAMPUAN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:25
Last Modified: 23 Oct 2024 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54707

Actions (login required)

View Item View Item