Inovasi E-Poster Audio Visual pada Materi Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia dan Jalur Rempah pada Masa Praaksara Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA

Dinita, Witia Afria (2024) Inovasi E-Poster Audio Visual pada Materi Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia dan Jalur Rempah pada Masa Praaksara Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_WITIA_AFRIA_DINITA_20046033_7363_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya inovasi dalam penggunaan media untuk pembelajaran sejarah. Guru telah menggunakan media saat mengajar di kelas, tetapi terkadang mereka menggunakannya dengan cara yang belum inovatif atau hanya memberikan ceramah tentang materi. Padahal siswa mengungkapkan keinginan mereka untuk pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dan menarik, seperti penggunaan gambar, video, dan rekaman audio. Oleh sebab itu, diperlukan adanya sebuah media interaktif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa di dalam proses pembelajaran berupa E-Poster Audio Visual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang dan mengembangkan E-Poster Audio Visual sebagai media pembelajaran serta melakukan uji kelayakan dan uji praktikalitas terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangannya menggunakan model ADDIE. Subjek penelitiannya terdiri dari validator, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan angket. Lalu, data tersebut diolah menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis data skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tahapan analyze yang dimulai dari melakukan analisis kebutuhan (2) tahapan design yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber referensi; pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal, (3) tahapan development yang dilakukan dengan melakukan uji kelayakan materi dan media kepada validator yang memperoleh hasil 3 dari ahli materi yang dinyatakan layak serta 3,46 dari ahli media yang dinyatakan sangat layak, (4) tahap implementation dilakukan dengan uji coba media kepada guru dan siswa, kemudian dilakukan pengisian angket yang memperoleh hasil 3,6 dari guru dengan kategori sangat praktis dan 3,3 dari siswa dengan kategori sangat praktis (5) tahap evaluation yang diperoleh dengan wawancara kepada guru dan siswa yang disimpulkan bahwa guru dan siswa merasa bahwa E-Poster Audio Visual merupakan media yang bermanfaat untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
CorrectorAfriani, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, E-POSTER, AUDIO VISUAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 06:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54643

Actions (login required)

View Item View Item