Amanda, Tri Mutiara Jenia (2024) Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Question Card dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Sosiologi 4 SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_04_TRI_MUTIARA_JENIA_AMANDA_200558046_7468_2024.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangai oleh rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran, siswa yang kurang bergairah dalam mengikuti pembelajaran sosiologi, model dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, hal itu ditandai dengan adanya siswa yang melamun, bermalas-malasan saat belajar, dan hanya mendengar penjelasan guru tanpa bertanya tentang materi yang tidak dipahami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI sosiologi 4 SMA Negeri 7 Padang pada mata pelajaran sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan question card. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif Ausubel. Teori ini menjelaskan tentang pembelajaran bermakna yang bertujuan memperoleh pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 7 Padang kelas XI sosiologi 4 tahun ajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI sosiologi 4 yang bejumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model team games tournament berbantuan question card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, terlihat saat pra tindakan keaktifan belajar siswa yang hanya 19,8%, meningkat menjadi 46,7% setelah siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,2%. Hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran team games tournament berbantuan question card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI sosiologi 4 SMAN 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | TEAM GAMES TOURNAMENT, QUESTION CARD | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54640 |
Actions (login required)
View Item |