Pengaruh Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) Terhadap Peningkatan Daya Tahan Anaerobik Atlet Basket Klub Halilintar Bukittinggi

Rahmadani, Amelia Putri (2022) Pengaruh Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) Terhadap Peningkatan Daya Tahan Anaerobik Atlet Basket Klub Halilintar Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AMELIA_PUTRI_RAHMADANI_18089025_1988.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan saat melakukan observasi dan wawancara dengan pelatihan adalah banyaknya atlet yang cepat mengalami kelelahan pada saat melakukan gerakan cepat dan tiba-tiba dalam waktu singkat saat menyerang dan bertahan dalam bermain bola basket, yang menandakan bahwa tingkat daya tahan anaerobik atlet rendah sehingga hal tersebut terbukti dengan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan High Intensity Interval Training (HIIT) terhadap peningkatan daya tahan anaerobik atlet basket Klub Halilintar Bukittinggi. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain One Group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola basket putra Klub Halilintar Bukittinggi yang berumur 15-18 tahun yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian berjumlah 12 atlet putra yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan uji RAST (Running-based Anaerobic Sprint Test) dengan mengambil indeks kelelahan atlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan High Intensity Interval Training (HIIT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan daya tahanan aerobik atlet basket Klub Halilintar Bukittinggi, dan dibuktikan dengan diperoleh t hitung (8,24) >t tabel (1,796) dengan taraf signifikan α = 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDinata, Windo WiriaUNSPECIFIED
CorrectorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latihan Interval Intensitas Tinggi Daya Tahan Anaerobik Atlet Basket
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:49
Last Modified: 17 Oct 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54618

Actions (login required)

View Item View Item