Nurhafiza, Nurhafiza
(2024)
Hubungan Self Esteem dan Self Concept dengan FOMO pada Mahasiswa.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
FOMO merupakan regulasi diri yang muncul akibat dari ketidakpuasan individu dengan kebutuhan dasar, baik secara fisiologis maupun psikologis. Merasa takut dan tertinggal tren akan suatu hal yang sedang terjadi di sekitarnya disebut dengan fear of missing out atau FoMO. Kondisi FoMO pada mahasiswa saat ini cukup mengkhawatirkan, jika dibiarkan secara terus menerus maka dapat memunculkan dampak yang merugikan bagi individu khususnya pada kesehatan mental perilaku seperti menimbulkan tremor, kecemasan yang berlebihan, perubahan mood, ganguan afeksi (depresi, sulit menyesuaikan diri) dan tergangunya kehidupan sosial. Faktor yang mempengaruhi FoMO mahasiswa adalah rendahnya self esteem dan self concept individu yang cenderung berdampak negatif bagi perkembangan potensi dirinya yang berujung pada tingginya tingkat FOMO. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh : 1) Gambaran self esteem pada mahasiswa, 2) Gambaran self concept pada mahasiswa, 3) Gambaran FoMO pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 4) Hubungan self esteem dan self concept dengan FoMO mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tahun ajaran 2023/2024 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) yang berjumlah 1446 mahasiswa dan sampel sebanyak 313 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif, kemudian menggunakan analisis linier sederhana.
Temuan penelitian ini yaitu: 1) self esteem dan self concept pada mahasiswa FIP UNP berada pada kategori rendah, 2) FoMO pada mahasiswa FIP UNP berada pada kategori tinggi, 3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self esteem dan self concept dengan FoMO, 4) terdapat hubungan yang simultan antara self esteem dan self concept dengan FoMO pada mahasiswa melalui uji signifikansi koefisien korelasi. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam pembuatan program layanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Actions (login required)
|
View Item |