Strategi Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) dalam Pengelolaan Aspek Keselamatan Wisatawan di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang

Oktavia, Tasya Aulia (2024) Strategi Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) dalam Pengelolaan Aspek Keselamatan Wisatawan di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_TASYA_AULIA_OKTAVIA_20042285_DONE_6899_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis, sehingga menyebabkan Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Manidiri (Perumda PSM) sebagai pengelola objek wisata untuk meningkatkan aspek keselamatan pariwisata. Keselamatan wisatawan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan pengunjung dan menjadi tantangan yang cukup kompleks dalam memberikan rasa nyaman dan rasa aman bagi wisatawan. Semakin tingginya jumlah pengunjung disuatu objek wisata, maka semakin tinggi pula tingkat keselamatan yang harus diperhatikan oleh pengelola objek wisata. Hal ini juga berdampak pada tolak ukur suatu objek wisata layak atau tidak untuk dikunjungi khususnya menyangkut aspek keselamatan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana Perumda PSM mendeskripsikan strategi yang dalam mengatasi permasalahan keselamatan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Pantai Air Manis beserta kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif di Pantai Air Manis Kota Padang, Sumatera Barat. Pemilihan informan dalam penelitian ini didasarkan pada keterlibatannya terhadap permasalahan yang diteliti. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumen tertulis kemudian diolah dengan menggunakan metode triangulasi sumber, yaitu dengan memastikan kembali kejelasan data yang didapatkan dari informan sebelumnya dengan informan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keselamatan wisatawan yang dilakukan oleh Perumda PSM masih kurang. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala dan masih ada beberapa hal penting yang menyangkut keselamatan wisatawan yang belum diterapkan di Pantai Air Manis. Aspek keselamatan yang masih kurang penerapannya yaitu aspek bencana alam dan aspek keselamatan aktivitas wisata. Pada aspek bencana alam hanya menyediakan informasi larangan berenang melalui media sosial instagram, fakta dilapangannya tidak dijumpai rambu keselamatan dan alat pelampung yang sangat minim jumlahnya. Sedangkan aspek keselamatan yang belum diterapkan yaitu aspek kesehatan dan kedaruratan medis, kondisi ini terlihat dari tidak tersedianya pos kesehatan disekitaran Pantai Air Manis dan Kotak P3K di kantor Perumda PSM yang ada di Pantai Air Manis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:09
Last Modified: 17 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54576

Actions (login required)

View Item View Item