Handayani, Ruhil
(2024)
Upaya Peningkatan Minat Belajar Sosiologi Melalui
Media Explosion Box di Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar sosiologi siswa
di SMAN 5 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan
minat belajar sosiologi siswa pada saat proses pembelajaran sosiologi berlangsung
didalam kelas dengan menggunakan media pembelajaran explosion box. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan belajar sosiologi didalam kelas.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yaitu
penentuan fokus masalah, perencanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan
pengumpulan data serta refleksi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang
kelas XI F4 di SMAN 5 Pariaman. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari lembar
observasi, angket, dan wawancara yang dianalisis menggunakan analisis
kuantitatif. Teknik kuantitatif diambil dari data hasil observasi dan angket
sedangkan teknik kualitatif diambil dari data hasil wawancara. Teori yang
digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori dari David Ausubel.
Selama siklus II dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan maka hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa presentase observasi minat belajar siswa pada siklus 1 sebesar
60,00% sedangkan siklus II sebesar 79,17%. Hasil minat belajar siswa pada pra
tindakan penelitian diperoleh sebesar 29,03% sedangkan hasil minat belajar siswa
pada setelah pasca tindakan penelitian diperoleh sebesar 69,59%. Setelah dilakukan
penelitian maka diketahui bahwa minat belajar siswa meningkat dari sebelumnya
karena menggunakan media pembelajaran explosion box dalam proses
pembelajaran sosiologi.
Actions (login required)
|
View Item |