Hubungan Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar dengan Kesiapan dalam Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII Kuliner SMK N 2 Bukittinggi

Wulandari, Yuka (2024) Hubungan Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar dengan Kesiapan dalam Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII Kuliner SMK N 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YUKA_WULANDARI_19075116_3694_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena semakin tinggi nilai praktek kerja industri dan motivasi belajar siswa jekas XII Kuliner SMK N 2 Bukittinggi maka semakin tinggi juga kesiapan kerja pada siswa dalam memasuki dunia kerja pada siswa SMK N 2 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana hubungan praktek kerja industry dan motivasi belajar terhadap kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja pada kelas XII Bukittinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yang dilakukan di SMK N 2 Bukittinggi. Populasinya adalah siswa kelas XII Kuliner SMKN 02 Bukittinggi dengan siswa sebanyak 103 orang dan sampel sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik Sample Random Sampling. Teknik analisis data Uji analisis deskriptif, Uji normalitas, Uji linearitas, Uji multikolineritas, Uji multivariate dan Uji keberartian korelasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa praktek kerja industri dan motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat baik terhadap kesiapan kerja siswa XII Kuliner SMKN 2 Bukittinggi, dengan korelasi Rhitung sebesar 0,825 yang lebih tinggi dari Rtabel 0,288. Hubungan antara kedua variabel tersebut dan kesiapan kerja berada dalam rentang sempurna 0,810-1,000. Uji F menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,005 dan Fhitung 50,069 > Ftabel 3,13, mengindikasikan hubungan signifikan antara praktek kerja industri, motivasi belajar, dan kesiapan kerja siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, CiciUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorSiregar, JulianaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:43
Last Modified: 16 Oct 2024 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54538

Actions (login required)

View Item View Item