Refjuandani, Anggun
(2024)
Efektivitas E-Modul Larutan Penyangga Berbasis
Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEAM Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar materi larutan penyangga di
SMAN 1 Pancung Soal masih terlihat rendah karena masih banyak peserta didik
yang kesulitan dalam memahami materi dan peserta didik kurang aktif dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat
efektivitas e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi
STEAM terhadap hasil belajar peserta didik fase F SMA. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control
group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik fase F kelas XI MIPA
SMAN 1 Pancung Soal tahun ajaran 2023/2024 dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes
berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabilitas, daya beda, serta
indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul larutan
penyangga berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi STEAM dapat diketahui
melalui uji n-gain. Analisis uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh hasil
dengan nilai g = 0.81 yang termasuk kategori tinggi dari kelas kontrol dengan ngain dengan nilai g = 0.65 yang termasuk kategori sedang. Data penelitian
menunjukkan hipotesis diterima. Hasil uji Man Whitney pada taraf signifikansi
0.05 didapatkan Sig < 0.05 yang menyatakan e-modul larutan penyangga berbasis
inkuiri terbimbing terintegrasi STEAM efektif dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |