Efektivitas E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA

Refjuandani, Anggun (2024) Efektivitas E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_ANGGUN_REFJUANDANI_20035002_5670_2024.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar materi larutan penyangga di SMAN 1 Pancung Soal masih terlihat rendah karena masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi STEAM terhadap hasil belajar peserta didik fase F SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik fase F kelas XI MIPA SMAN 1 Pancung Soal tahun ajaran 2023/2024 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabilitas, daya beda, serta indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi STEAM dapat diketahui melalui uji n-gain. Analisis uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh hasil dengan nilai g = 0.81 yang termasuk kategori tinggi dari kelas kontrol dengan ngain dengan nilai g = 0.65 yang termasuk kategori sedang. Data penelitian menunjukkan hipotesis diterima. Hasil uji Man Whitney pada taraf signifikansi 0.05 didapatkan Sig < 0.05 yang menyatakan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi STEAM efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Inkuiri Terbimbing, E-modul, Larutan penyangga, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:17
Last Modified: 15 Oct 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54520

Actions (login required)

View Item View Item