Pemanfaatan Global Positioning System (GPS) Geodetik Proses Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan dengan Menggunakan Metode Real Time Kinematic (RTK) pada Wilayah Kota Padang

Saputra, Rival Indra (2024) Pemanfaatan Global Positioning System (GPS) Geodetik Proses Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan dengan Menggunakan Metode Real Time Kinematic (RTK) pada Wilayah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RIVAL_INDRA_SAPUTRA_20331087_4019_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode Real Time Kinematic (RTK) merupakan suatu penentuan posisi real time secara differensial menggunakan data fase. Hubungannya untuk memberikan data real time, stasiun referensi wajib mengirimkan data fase dan pseudorange kepada user secara realtime dengan sistem komunikasi data. Stasiun referensi wajib dilengkapi dengan sebuah sistem pemancar yang berfungsi dengan baik sehingga transfer antara pengguna dengan referensi berjalan dengan lancar. Informasi ketelitian yang dihasilkan untuk sebuah posisi metode Real Time Kinematic (RTK) berkisar 1-5 cm, dimana dengan syarat kondisi ambiguitas fase dapat ditentukan secara benar. Metode Real Time Kinematic (RTK) bisa dipergunakan sebagai penghasil informasi posisi yang bergerak maupun diam. Maka dari itu selain dapat melaksanakan pemetaan secara real time, Metode Real Time Kinematic (RTK) juga dapat melaksankan navigasi dengan hasil yang cukup baik. Penelitian yang digunakan kuantitatif merupakan metode penelitian yang mengukur indikator-indikator variabel penelitian untuk memperoleh gambaran antar variabel tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan. Adapaun permasalahan dalam penelitian ini mengenai kawasan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berdampak pada rusaknya daerah resapan sehingga dapat menyebabkan banjir. Sistem Real Time Kinematic (RTK) dapat digunakan untuk penentuan posisi obyek-obyek yang diam maupun bergerak, sehingga sistem Real Time Kinematic (RTK) tidak hanya dapat merealisasikan survei Global Positioning System (GPS), tetapi juga navigasi berketelitian tinggi. Aplikasi yang dapat dilayani oleh sistem ini cukup beragam, antara lain staking out, penentuan dan rekonstruksi batas persil tanah, survei pertambangan, survei rekayasa dam utilitas, serta aplikasi-aplkasi lainnya yang memerlukan informasi posisi horisontal secara cepat dengan ketelitian yang relatif tinggi dalam orde beberapa cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriawan, DediUNSPECIFIED
CorrectorAngraina, DillaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:16
Last Modified: 15 Oct 2024 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54515

Actions (login required)

View Item View Item