Ananda, Aliva Dea
(2024)
Efektivitas LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Guided
Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Fase E SMA/MA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Materi hukum dasar kimia merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak
dan sulit dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar untuk
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar bagi siswa menggunakan LKPD berbasis
Guided Inquiry Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas
penggunaan bahan ajar LKPD berbasis Guided Inquiry Learning pada materi hukum dasar
kimia terhadap hasil belajar siswa Fase E kelas X di SMA N 1 Gunung Talang. Jenis
penelitian ini adalah quasi experiment. Penelitian ini menggunakan desain Non equivalent
Control -Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA
N 1 Gunung Talang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan
sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes
berbentuk pilihan ganda yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan
indeks kesulitan yang baik. Data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis
dengan independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas
eksperimen memiliki n-gain yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dalam
kategori sedang. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih
besar dari nilai ttabel, sehingga, H0 ditolak. Dari hasil analisis data tersebut, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Guided Inquiry Learning pada materi
hukum dasar kimia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |