Efektivitas LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA/MA

Ananda, Aliva Dea (2024) Efektivitas LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_ALIVA_DEA_ ANANDA_20035046_5953_2024.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Materi hukum dasar kimia merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar bagi siswa menggunakan LKPD berbasis Guided Inquiry Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan bahan ajar LKPD berbasis Guided Inquiry Learning pada materi hukum dasar kimia terhadap hasil belajar siswa Fase E kelas X di SMA N 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Penelitian ini menggunakan desain Non equivalent Control -Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 1 Gunung Talang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan indeks kesulitan yang baik. Data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis dengan independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki n-gain yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dalam kategori sedang. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, sehingga, H0 ditolak. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Guided Inquiry Learning pada materi hukum dasar kimia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahadian, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, LKPD, Guided Inquiry Learning, hukum dasar kimia, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:04
Last Modified: 15 Oct 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54513

Actions (login required)

View Item View Item