Pengaruh Variasi Minyak Terhadap Efisiensi Pemisahan Air/Minyak pada Kertas Selulosa Hidrofhobik dengan Lapisan SiO2/Kitosan/Grafena

Sinaga, Henrius (2024) Pengaruh Variasi Minyak Terhadap Efisiensi Pemisahan Air/Minyak pada Kertas Selulosa Hidrofhobik dengan Lapisan SiO2/Kitosan/Grafena. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_06_HENRIUS_SINAGA_20034012_5880_2024.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Dampak buruk dari limbah cair berminyak terhadap manusia dan lingkungan bersifat jangka panjang dan mematikan. Berdasarkan penelitian terdahulu telah banyak Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi limbah cair berminyak namun belum efisien dan hemat biaya, dan juga telah banyak penelitian sebelumnya menemukan pemisahan limbah cair berminyak dengan menggunakan kertas selulosa hidrofhobik, namun bahan komposit pelapisan kertas yang dipakai berbahan sintetis, tidak ramah lingkungan, dan pemisahan limbah cair berminyak belum maskimal untuk diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pengaruh variasi minyak terhadap efisiensi pemisahan air/minyak pada kertas selulosa hidrofhobik seperti palm oil, VCO, Xylena, dan toluene. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen yang dilakukan di Laboratorium Fisika Material dan Biofisika UNP dan Laboratorium Kmia UNP. Penelitian ini menggunakan instrument XRD (X-Ray Difraction), XRF (X-Ray Fluorescene), SEM (Scanning Electron Microscope), dan kamera DSLR. Pelapisan pada penelitian ini menggunakan metode Dip-Coating, suhu pengeringan lapisan pada kertas selulosa menggunakan Oven, dan pemisahan minyak menggunakan corong filtrasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kertas selulosa yang bersifat hidrofobik yang dilapisi dengan larutan komposit SiO2-Kitosan-Grafena dengan suhu pengeringan 1000C. ukuran kristal SiO2-Kitosan-Grafena sebesar 41.485, 41.485, dan 32.849. Terdapatnya senyawa-senyawa SiO2-Kitosan-Grafena yaitu pada rentang 1042cm1 3033cm-1 , untuk mencapai hidrofhobik berada pada suhu 1000C dengan sudut kontak yang diperoleh sebesar 93,8320 . pengeringan terhadap ukuran butir dari lapisan hidrofhobik komposit SiO2-Kitosan-Grafena penggunaan suhu 1000C maka ukuran partikel yang peroleh ukuran butir 153, 4nm. Efisiensi pemisahan minyak/air dipengaruhi oleh jenis minyak dan viskositas minyak, dan efisiensi pemisahan minyak/air paling besar yaitu mencapai 96% berada pada jenis minyak aromatik dimana viskositas nya lebih rendah dibandingkan dengan minyak organik, sedangkan minyak organik yang viskositasnya besar berada pada 92% pemisahan minyak/air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hidrofhobik, SiO2-Kitosan-grafena-Pemisahan Minyak/Air
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:03
Last Modified: 15 Oct 2024 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54510

Actions (login required)

View Item View Item