Kajian Tari Asyeak pada Prosesi Upacara Ritual Pemandian Alat Pusaka di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh (Studi: Bentuk, Prosesi, Ritual dan Makna)

Ratmi, Yedes (2023) Kajian Tari Asyeak pada Prosesi Upacara Ritual Pemandian Alat Pusaka di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh (Studi: Bentuk, Prosesi, Ritual dan Makna). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_YEDES_RATMI_21161038_297_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tari asyeak pada upacara ritual pemandian alat pusaka diyakini oleh masyarakat sebagai upacara yang keramat. Hal ini dapat diamati dari proses awal dalam menentukan segala sesuatu yang berkaitan dengan waktu, tempat, pelaku, maupun pra-sarana upacara. Berkaitan dengan pelaku, khususnya penari, getaran emosi keramat sangat terasa ketika para dukun mulai melantukan syair-syair. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana bentuk, fungsi dan makna tari Asyeak, mengetahui prosesi upacara ritual pemandian alat pusaka dan menjelaskan kebertahanan dan nilai-nilai tari Asyeak pada Ritual pemandian alat pusaka di Kecamatan Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Snowball. Informan penelitian ini adalah masyarakat, orang yang memiliki keilmuan batin, pemuka adat dan melibatkan pemerintahan di Kecamatan Koto Baru. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, alat perekam dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tari Asyeak memiliki gerak yang sederhana dan memiliki makna yang kuat sebagi penghubung kedemensi lain, ritual pemandian alat pusaka sudah lama dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Koto Baru, tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini, masyarakat masih percaya dengan keberadaan arwah leluhur mereka, dengan ritual inilah sebagai penghubung mereka ke dimensi lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeldi, HeldiUNSPECIFIED
CorrectorBudiwirman, BudiwirmanUNSPECIFIED
CorrectorJupriani, JuprianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KAJIAN TARI ASYEAK, UPACARA RITUAL PEMANDIAN ALAT PUSAKA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:21
Last Modified: 14 Oct 2024 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54496

Actions (login required)

View Item View Item