Distribusi dan Karakterisasi Habitat Spesies Kura-Kura Air Tawar Raksasa (Orlitia borneensis Gray, 1873) di Taman Nasional Zamrud

Fadillah, Yosi (2024) Distribusi dan Karakterisasi Habitat Spesies Kura-Kura Air Tawar Raksasa (Orlitia borneensis Gray, 1873) di Taman Nasional Zamrud. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_YOSI_FADILLAH_20032105_5159_2024.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Populasi Orlitia borneensis sebagai kura-kura air tawar terbesar di Asia Tenggara terus mengalami penurunan akibat eksploitasi besar-besaran dan degradasi habitat. Sementara itu, penelitian mengenai spesies asli Indonesia ini masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan karakteristik habitat Orlitia borneensis di Taman Nasional Zamrud, Provinsi Riau. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan/survei. Pengoleksian sampel menggunakan metode perangkap (trapping). Perangkap-perangkap ini dipasang pada 20 titik di danau Taman Nasional Zamrud. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengonfirmasi kehadiran Orlitia borneensis di Sumatera untuk pertama kali, khususnya di Taman Nasional Zamrud. Habitat ditemukannya kura-kura ini adalah di kawasan gambut dengan air danau yang berwarna coklat kemerahan dan pH rata-rata 2,8; pinggir danau didominasi oleh pandan rawa (Pandanus helicopus), sedangkan hutan di sekitar danau didominasi berbagai macam jenis meranti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
CorrectorGuntoro, JokoUNSPECIFIED
CorrectorYusriono, YusrionoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Orlitia boeneensis, kura-kura air tawar, gambut, habitat, Sumatera
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:01
Last Modified: 14 Oct 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54493

Actions (login required)

View Item View Item