Pengaruh Konsentrasi Suspensi Daun Kersen (Muntingia calabura L.) terhadap Pengendalian Penyakit Rebah Kecambah pada Kacang Tanah yang Disebabkan oleh Sclerotium rolfsii Sacc.

Nasrul, Putri Imelda (2024) Pengaruh Konsentrasi Suspensi Daun Kersen (Muntingia calabura L.) terhadap Pengendalian Penyakit Rebah Kecambah pada Kacang Tanah yang Disebabkan oleh Sclerotium rolfsii Sacc. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_PUTRI_IMELDA_NASRUL_20032032_5414_2024.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Penyakit rebah kecambah merupakan salah satu penyakit umum yang sering terjadi pada kacang tanah. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Sclerotium rolfsii. Upaya pengendalian penyakit rebah kecambah ini umumnya dilakukan dengan cara menggunakan pestisida kimia yang sering menimbulkan dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian lain yang aman, yaitu dengan menggunakan pestisida nabati. Salah satunya dengan menggunakan suspensi daun kersen (Muntingia calabura L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi suspensi daun kersen terhadap penyakit rebah kecambah pada kacang tanah serta efektivitas pengendalian penyakit dengan suspensi daun kersen dalam menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Penelitian Biologi dan Rumah Kawat Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan menggunakan konsentrasi suspensi daun kersen (M. calabura) dengan perlakuan 70%, 80%, 90%, 100% dan kontrol (tidak menggunakan suspensi daun kersen). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi suspensi daun kersen berpengaruh terhadap pengendalian penyakit rebah kecambah (damping off) pada kacang tanah yang disebabkan oleh jamur S. rolfsii. Hasil perlakuan berbeda nyata dengan kontrol, kecuali pada perlakuan B (70%). Perlakuan E (100%) menunjukkan efektivitas tertinggi terhadap pengendalian penyakit dari suspensi daun kersen dengan kriteria mampu untuk mengendalikan penyakit rebah kecambah pada kacang tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Muntingia calabura L, pestisida nabati, rebah kecambah, Sclerotium rolfsii Sacc.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:44
Last Modified: 14 Oct 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54489

Actions (login required)

View Item View Item