Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Aplikasi Digital Bagi Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar

Sidabutar, Boy Erlando (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Aplikasi Digital Bagi Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_BOY_ERLANDO_SIDABUTAR_23003233_5203_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh siswa disabilitas intelektual ringan yang belum mengetahui huruf vokal dan belum bisa membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media aplikasi digital bagi disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan kegiatan tindakan dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 60 menit. Hasil penelitian pada siklus I nilai yang diperoleh RA dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 30%, 30%, 40%, dan 50%. Sedangkan RM memperoleh nilai 20%, 30%, 40%, dan 40%, sementara RS memperoleh nilai 20%, 20%, 40% dan 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang diperoleh RA dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 60%, 80%, 80%, dan 100%. Sedangkan RM memperoleh nilai 60%, 70%, 80%, dan 90%, sementara RS memperoleh nilai 60%, 70%, 80% dan 90%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media aplikasi digital suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, MEDIA APLIKASI, DISABILITAS INTELEKTUAL
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:47
Last Modified: 14 Oct 2024 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54479

Actions (login required)

View Item View Item