Pengaruh Pelet Organik Kotoran Sapi (Bos taurus Linn.) dengan Tambahan Daun Kelor (Moringa oleifera Lam.) terhadap Pertumbuhan Bibit ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burch.)

Prihartini, Ni Luh Wayan Widhi (2024) Pengaruh Pelet Organik Kotoran Sapi (Bos taurus Linn.) dengan Tambahan Daun Kelor (Moringa oleifera Lam.) terhadap Pertumbuhan Bibit ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burch.). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_NI_LUH_WAYAN_WIDHI_PRIHARTINI_20032078_5113_2024.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burch.) merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan lele dumbo adalah pakan. kotoran sapi (Bos taurus Linn.) dan daun kelor (Moringa oleifera Lam.) merupakan salah satu bahan pembuatan pelet organik yang dapat menunjang pertumbuhan bibit Ikan Lele. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberian pelet organik terhadap pertumbuhan ikan lele dumbo dan menentukan dosis pelet organik yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Rancangan penelitian dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan terdiri dari perlakuan A dengan 75% kotoran sapi dan 25% daun kelor, perlakuan B dengan perbandingan kotoran sapi dan daun kelor berimbang yaitu 50%, dan perlakuan C dengan rasio perbandingan kotoran sapi dan daun kelor 25% dan 75%. Sebagai perbandingan digunakan kontrol positif (K+) yang merupakan pelet berbahan dasar 100% kotoran sapi dan kontrol negatif (K-) yang merupakan pelet kimia. Hasil pengukuran panjang dan berat ikan yang diperoleh dari analisis secara statistik ANOVA menggunakan SPSS 21 dan dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan’s New Multiple Range Test) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan A,B,C, K- dan K+ berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit ikan lele dumbo. Perlakuan K- merupakan perlakuan yang paling tinggi tingkat pertumbuhannya. Perlakuan C merupakan perlakuan yang tingkat pertumbuhannya tertinggi kedua setelah K-. Dosis pelet organik yang optimal dan hasilnya pun mendekati K- untuk pertumbuhan bibit ikan lele dumbo yaitu kotoran sapi 25% + daun kelor 75% (C).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: daun kelor, kotoran sapi, pelet, ikan lele dumbo
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:41
Last Modified: 14 Oct 2024 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54477

Actions (login required)

View Item View Item