Implementasi Program Pelayanan Dokumen Kependudukan Secara Online di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Fitri, Yola Sonia (2024) Implementasi Program Pelayanan Dokumen Kependudukan Secara Online di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_YOLA_SONIA_FITRI_17042089_4609_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan program pelayanan dokumen kependudukan secara online di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Latarbelakang penelitian ini adalah karena masih banyaknya masyarakat di Nagari Binjai yang belum memperbarui dokumen kependudukannya dan masih mengurus dokumen secara langsung di Disdukcapil Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Edward III yang memfokuskan pada komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Dari keempat indikator tersebut, tiga di antaranya belum berjalan secara optimal, yaitu komunikasi, sumberdaya, dan disposisi, sementara satu indikator, yaitu struktur birokrasi, sudah berjalan dengan baik. Pada indikator komunikasi, pelaksanaan program tersebut belum efektif karena masyarakat masih memiliki pengetahuan yang terbatas terhadap informasi yang disampaikan oleh penyelenggara program pelayanan daring. Sumberdaya yang tersedia untuk pelaksanaan program tersebut di Nagari Binjai masih sangat terbatas, dengan hanya satu orang yang terlibat, dan sumberdaya finansial pun belum memiliki alokasi anggaran khusus untuk pelayanan ini. Sikap implementor dalam program pelayanan daring di Nagari Binjai mencerminkan sikap demokratis, namun masih kurang memiliki komitmen yang diperlukan dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, M. FachriUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROGRAM PELAYANAN DOKUMEN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:13
Last Modified: 14 Oct 2024 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54467

Actions (login required)

View Item View Item