Ayu, Lala Gusti
(2024)
Strategi Pengembangan Objek Wisata Bahari Jembatan Pelangi di Nagari Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan objek wisata bahari Jembatan Pelangi dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Muara Kandis Punggasan dan perekonomian masyarakat sekitar dengan menganalisis strategi kemudian menggunakan strategi yang tepat. Latar belakang penelitian ini adalah kegagalan dalam pengembangan objek wisata bahari Jembatan Pelangi di Nagari Muara Kandis Punggasan Kabupaten Pantai Selatan dan bagaimana strategi dalam mengembangkan tempat wisata tersebut. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data berupa analisis SWOT. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah objek wisata bahari Jembatan Pelangi dikenal masyarakat tidak hanya dengan keunikan jembatan dan keindahan pantainya tetapi juga disediakan taman bermain anak-anak yang membuat banyak pengunjung pada saat itu, namun objek wisata ini sudah tidak beroperasi lagi sampai sekarang, bahkan spot foto di objek wisata bahari sudah tidak ada lagi atau rusak. Banyak fasilitas harus ditambahkan, terutama setelah vakum, semua fasilitas rata-rata harus ditata ulang. Kegagalan pembangunan objek wisata bahari Jembatan Pelangi dikarenakan kurangnya pengelolaan, khususnya Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG), selain itu objek wisata ini juga sepi karena dilanda Covid-19 saat itu.
Actions (login required)
|
View Item |