Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Book Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan( Classroom Action Research di Kelas III SLB Negeri Autis Sumatera Utara).

Azzahra, Auliya (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Book Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan( Classroom Action Research di Kelas III SLB Negeri Autis Sumatera Utara). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_AULIYA_AZZAHRA_23003232_5849_2024.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah pada mata Pelajaran Matematika di kelas III Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran Matematika masih didominasi oleh ceramah, sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang antusias/tertarik. Siswa lebih semangat serta aktif dan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu peneliti melakukan evaluasi pada proses pembelajaran dengan membuat media pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan di kelas III Disabilitas Intelektual di SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk menetahui bagaimana meningkatkan kemempuan mengenal lambang bilangan pada siswa Disabilitas Intelektual melalui media Pop-Up Book. Kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Disabilitas Intelektual kelas III SLB Negeri Autis Sumatera Utara sebanya 2 siswa dengan inisial AH dan SH yang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 masih rendah. Penelitian ini terbagi kedalam dua siklus yang mana setiap siklusnya terdapat empat tahapan dan empat kali pertemuan setiap siklusnya. Dari hasil penelitia diperoleh peningkatan kemampuan awal siswa dari AH 35% dan SH 30% kemudian diberikan Tindakan pada siklus I meningkat menjadi AH 63% dan SH 55%, kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan siswa semakin meningkat menjadi AH 88% dan SH 82%. Maka dapat disimpulkan kemampuan mengenal lambang bilangan AH meningkat sebesar 53 % dan SH meningkat menjadi 52 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorTriswandari, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA POP-UP BOOK, LAMBANG BILANGAN, DISABILITAS INTELEKTUAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:27
Last Modified: 11 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54452

Actions (login required)

View Item View Item