Kontribusi Pemahaman Rapor Mutu dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Penyusunan Rencana Kerja Sekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kabupaten Pasaman Barat

Wulandari, Wulandari (2023) Kontribusi Pemahaman Rapor Mutu dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Penyusunan Rencana Kerja Sekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WULANDARI_20147008_637_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kepala sekolah yang kurang mampu dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah dan kurang mampu memanfaatkan hasil Rapor Mutu dalam pembuatan Rencana Kerja Sekolah, sehingga tidak singkron antara Rapor Mutu dan Rencana Kerja Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kontribusi Pemahaman Rapor Mutu Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Penyusunan Rencana Kerja Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kabupaten Pasaman barat. Penelitian ini menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 252 orang kepala sekolah dan sampel sebanyak 82 orang dari total populasi yang diambil dari kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Jenis data yang digunakan yakni data primer. Sumber data berasal dari jumlah kepala sekolah, karakteristik dan sebagainya. Teknik analisis yang digunakan dengan skor rata-rata (Mean) untuk deskripsi data, uji persyaratan yakni uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji independensi. Kemudian uji hipotesis dengan regresi linear sederhana, regresi linear berganda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Pemahaman rapor mutu dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap penyusunan rencana kerja sekolah sebesar 34,3 %, hal ini menjelaskan semakin baiknya pemahaman rapor mutu dan kepemimpinan kepala sekolah berdampak terhadap semakin baiknya kualitas penyusunan rencana kerja sekolah. Tingkat pencapaian responden untuk variabel Pemahaman Rapor Mutu sebesar 89,85 % berada pada kategori baik, tingkat capaian pada variabale kepemimpinan kepala sekolah sebesar 92,66 % yang berada pada kategori sangat baik, dan tingkat capaian pada Penyusunan Rencana Kerja Sekolah yaitu sebesar 92,96 berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
CorrectorSufyarma, SufyarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN RAPOR MUTU; KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH; RENCANA KERJA SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:02
Last Modified: 11 Oct 2024 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54428

Actions (login required)

View Item View Item