Peran Stakeholders dalam Memberdayakan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (Kups) Bundo Gamaran di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Fahrezy, Jesica Anggia (2024) Peran Stakeholders dalam Memberdayakan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (Kups) Bundo Gamaran di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_JESICA_ANGGIA_FAHREZY_20042112_6779_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tujuannya adalah untuk meneliti bagaimana pihak-pihak yang terlibat (stakeholders) berperan dalam upaya pemberdayaan kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) Bundo Gamaran di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya peran yang dilakukan oleh stakeholders terkait. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya anggaran, kurangnya sumber daya manusia yaitu penyuluh dan pendamping bagi KUPS Bundo Gamaran dan Pemasaran hasil produk asam kandis. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Untuk mendapatkan data dilakukan proses wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian menunjukkan bahwa pihak-pihak yang terlibat (stakeholders) dalam memberdayakan kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) Bundo Gamaran di Nagari Salibutan belum melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan perannya masing-masing. Disebabkan karena masih terdapat kendala yang dihadapi oleh masing-masing stakeholders dalam melakukan pemberdayaan KUPS Bundo Gamaran, yaitu terbatasnya anggaran dana dari Dinas Kehutanan, Wali Nagari, dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk melakukan program pemberdayaan, kurangnya sumber daya manusia, keterbatasan penyuluh dan pendampingan dari Dinas Kehutanan untuk KUPS Bundo Gamaran dan ketergantungan yang dimiliki KUPS kepada WRI sebagai salah satu stakeholders.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorAlhadi, ZikriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:57
Last Modified: 11 Oct 2024 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54418

Actions (login required)

View Item View Item