Peran Dinas Perindustri dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Pemberdayaan Pelaku Industri Batik Gambir di Kecamatan Harau

Ananda, Almuhadara Dwi (2024) Peran Dinas Perindustri dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota Dalam Pemberdayaan Pelaku Industri Batik Gambir di Kecamatan Harau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ALMUHADARA_DWI_ANANDA_20042078_6148_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Pemberdayaan Pelaku Industri Batik Gambir di Kecamatan Harau. Latar belakang penelitian ini adalah gambir menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Lima Puluh Kota karena itu banyak petani yang menggantungkan hidupnya dari budidaya ini. Namun, harga gambir di pasaran masih mengalami naik turun, sehingga upaya diversifikasi terus dilakukan oleh berbagai pihak agar gambir makin memiliki nilai tambah. Kain batik dengan pewarnaan alam gambir merupakan salah satu produk yang dapat dijadikan untuk menambah nilai jual tanaman gambir. Untuk itu diperlukan pemberdayaan terhadap pelaku industri batik gambir agar dapat terus maju dan berkembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang diperoleh dikumpulkan melalui proses wawancara dan observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa peran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota dalam pemberdayaan pelaku industri batik gambir di Kecamatan Harau sudah cukup baik namun belum optimal, karena masih ada kekurangan dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan yang belum rutin dilakukan kepada pengrajin batik gambir di Kecamatan Harau. Selain itu bantuan peralatan industri modern dan pemberian informasi akses pembiayaan juga belum diberikan kepada pelaku industri batik gambir di Kecamatan Harau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorAlhadi, ZikriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:09
Last Modified: 07 Oct 2024 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54356

Actions (login required)

View Item View Item