Tinjauan Penerapan Pajak Progresif Kendaran Bermotor terhadap Penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBNKB II) di UPTD Samsat Kota Padang.

Salsabila, Metradiffa Keisya (2024) Tinjauan Penerapan Pajak Progresif Kendaran Bermotor terhadap Penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBNKB II) di UPTD Samsat Kota Padang. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_METRADIFFA_KEISYA_SALSABILA_20233051_5848_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pajak progresif kendaraan bermotor terhadap penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II dan upaya meningkatkan penerimaan pajak progresif dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II di UPTD Samsat Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor UPTD Samsat di Kota Padang yang beralamat di Jl. Asahan No. 02, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif serta teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung ke UPTD Samsat Kota Padang. Data sekunder yaitu data penerimaan pajak progresif, target dan realisasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan penerimaan pajak progresif pada tahun 2022 mengalami penurun yang cukup signifikan. Kemudian,penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBNKB II) pada tahun 2022 tidak mencapai target penerimaan. Namun, pada tahun 2022 penerimaan pajak progresif menurun, tetapi penerimaan bea balik nama kendaraan bermotor II juga menurun. Berdasarkan penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa masih ada masyarakat yang belum paham dengan pajak progresif, sehingga banyak wajib pajak yang tidak melakukan bea balik nama kendaraan mereka untuk menghindari pajak progresif, sehingga secara tidak langsung penerimaan BBNKB menjadi menurun dan Pada penelitian ini, masih ada wajib pajak yang menunda pembayaran pajak progresif sehingga tunggakan pajak menjadi meningkat, dan masih ada wajib pajak yang menunda proses pengurusan BBNKB II. Jika tidak ingin terkena pajak progresif sebaiknya melakukan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMulyani, ErlyUNSPECIFIED
CorrectorMesta, Hendri AndiUNSPECIFIED
CorrectorSofya, RaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PAJAK PROGRESIF, PENERIMAAN PAJAK, SEPADA MOTOR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:49
Last Modified: 04 Oct 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54340

Actions (login required)

View Item View Item