Implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 008:2017) pada Standar Koleksi dan Sarana Prasarana di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Zurini, Fitri (2024) Implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 008:2017) pada Standar Koleksi dan Sarana Prasarana di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Fitri_Zurini_20234038_6644_2024.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Standar Nasional Perpustakaan pada standar koleksi dan sarana prasarana di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu Implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 008:2017) pada Standar Koleksi dan Sarana Prasarana di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) standar koleksi yang belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan adalah jenis koleksi perpustakaan, untuk jumlah koleksi perpustakaan sudah mencukupi namun, untuk pengadaan koleksi belum dilakukan sesuai dengan standar nasional perpustakaan, kemutakhiran koleksi juga belum memenuhi standar karena masih banyak menggunakan koleksi terbitan tahun lama, pengembangan koleksi belum sesuai standar, pengadaan bahan pustaka belum dilakukan sesuai standar, pelestarian koleksi belum sesuai dengan standar, dan untuk pengolahan bahan perpustakaan sudah dilakukan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan; (2) standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan adalah lokasi perpustakaan yang tidak strategis, kemudian gedung perpustakaan karena luasnya belum sesuai dengan standar yang ditetapkan, untuk ruang perpustakaan juga belum sesuai dengan standar karena masih ada beberapa ruang yang belum ada, dan sarana yang belum sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:07
Last Modified: 02 Oct 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54308

Actions (login required)

View Item View Item