Dimensi Melayu dalam Puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua Karya Taufik Ikram Jamil: Kajian Strukturalisme Genetik

Rehanisafira, Marini (2023) Dimensi Melayu dalam Puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua Karya Taufik Ikram Jamil: Kajian Strukturalisme Genetik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_MARINI_REHANISAFIRA_21174011_536_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan antara struktur puisi dengan struktur sosial dalam puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua karya Taufik Ikram Jamil dengan kajian strukturalisme genetik yang menggambarkan dimensi Melayu; (2) mendeskripsikan fakta kemanusiaan dalam puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua karya Taufik Ikram Jamil dengan kajian strukturalisme genetik yang menggambarkan dimensi Melayu; (3) mendeskripsikan pandangan dunia pengarang dalam puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua karya Taufik Ikram Jamil dengan kajian strukturalisme genetik yang menggambarkan dimensi Melayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Objek penelitian adalah puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua karya Taufik Ikram Jamil. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik baca, dan teknik catat. Teknik penganalisisan data yang dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu: (1) mengklasifikasi dan mengkode data terkait dengan masalah penelitian; (2) menginterpretasi data berkaitan dengan kajian strukturalisme genetik; (3) Membuat simpulan hasil analisis data terkait untuk melihat penjelasan strukturalisme genetik dalam hubungan antara struktur puisi berkaitan dengan struktur sosial, fakta kemanusiaan, dan pandangan dunia pengarang yang terdapat dalam puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua karya Taufik Ikram Jamil; (4) membuat laporan yang sesuai dengan penelitian. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan struktur puisi, yaitu: (1) hubungan struktur puisi dengan struktur sosial dalam puisi Tersebab Aku Melayu Buku Sajak Penggal Kedua Karya Taufik Ikram Jamil dapat dilihat dari diksi dan tema yang menggambarkan dimensi Melayu mengenai latar sosial masyarakat Melayu berawal dari sejarah Melayu, budaya Melayu, kondisi ekonomi masyarakat, dan konfrontasi Indonesia dan Malaysia ; (2) fakta kemanusiaan yang dominan adalah fakta sosial yang menjelaskan perilaku antar masyarakat Melayu yang dahulu dapat diperdaya bangsa asing dalam dunia politik, namun saat ini ada kekuatan yang bersumber dari prinsip yang ditafsirkan dari Kitab Sulalatus Salatin dan Tuhfat Al-Nafis serta berlandaskan nilai keislaman; (3) pandangan dunia pengarang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat Melayu yang berprinsip pada nilai-nilai Tunjuk Ajar Melayu dan prinsip keislaman berdasarkan Al-qur’an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DIMENSI MELAYU, TAUFIK IKRAM JAMIL, STRUKTUR PUISI, STRUKTUR SOSIAL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:43
Last Modified: 01 Oct 2024 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54282

Actions (login required)

View Item View Item