Bentuk Penyajian dan Fungsi Musik Iringan Tari Jogi di Sanggar Warisan Pantai Basri Pulau Panjaang Kota Batam Kepulauan Riau

Situmeang, Joel Franky (2023) Bentuk Penyajian dan Fungsi Musik Iringan Tari Jogi di Sanggar Warisan Pantai Basri Pulau Panjaang Kota Batam Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_JOEL_FRANKY_SITUMEANG_21161020_428_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tari Jogi berasal dari Sanggar Warisan Pantai Basri Pulau Panjang Kota Batam Kepulauan Riau. Sejalan perkembangan teknologi, kini musik tradisi tergantikan dengan musik media teknologi praktis yang menggantikan peran musik itu sendiri sehingga dalam tulisan ini penulis tertantang untuk menganalisis bagaimana bentuk penyajian dan apa fungsi musik iringan tari Jogi Sanggar Warisan Pantai Basri di Pulau Panjang Kota Batam Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analitik. Lokasi atau tempat pengambilan informasi atau data-data di Sanggar Warisan Pantai Basri Pulau Panjang Kota Batam. Instrumen yang digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan masalah yang dihadapi pada subjek atau sempel yang ada. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasional, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan analisis deskriptif. Hasil dari temuan di lapangan bahwa bentuk penyajian musik iringan tari Jogi mengandung lima unsur pendukung terhadap bentuk musik iringan tari Jogi seperti jumlah pemain, tempat pertunjukan, waktu pertunjukan dan kostum pemusik dan dapat juga dilihat fungsi musik iringan yang digunakan untuk tari Jogi yaitu sebagai musik iringan, sebagai komunikasi, sebagai hiburan, dan sebagai estetis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENYAJIAN DAN FUNGSI MUSIK, MUSIK IRINGAN TARI JOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:27
Last Modified: 27 Sep 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54253

Actions (login required)

View Item View Item