Efektivitas LKS Virtual Laboratory pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar di Kelas X SMAN 5 Padang

Zakiya, Zara (2019) Efektivitas LKS Virtual Laboratory pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar di Kelas X SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ZARA_ZAKIYA_15033052_875_2019.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran fisika, kompetensi belajar siswa masih belum optimal. Hasil observasi di SMAN 5 Padang, menunjukkan hal ini dapat disebabkan oleh pelaksanaan kegiatan praktikum dan penggunaan LKS yang belum maksimal. Kegiatan praktikum masih belum maksimal dilakukan disebabkan oleh keterbatasan waktu dan fasilitas peralatan laboratorium. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan praktikum menggunakan virtual laboratory. Agar praktikum virtual laboratory mudah dipahami oleh siswa, diperlukan petunjuk praktikum berupa LKS virtual laboratory. LKS virtual laboratory yang digunakan dalam penelitian adalah LKS virtual laboratory yang dikembangkan oleh Masril (2018) yang telah teruji valid dan praktis. Sedangkan untuk efektivitas LKS belum dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LKS virtual laboratory pada materi gerak parabola dan gerak melingkar di kelas X SMAN 5 Padang. Penelitian ini tergolong Quasi Experiment Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MIPA tahun pelajaran 2018/2019 di SMAN 5 Padang. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai sampel. Data penelitian ini meliputi data pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data kompetensi sikap diperoleh melalui lembar observasi penilaian sikap, kemudian dideskripsikan dan dianalisis dalam bentuk grafik. Data kompetensi pengetahuan diperoleh melalui pretest dan posttest. Data kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar penilaian unjuk kerja. Data kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dianalisis menggunakan uji t-tes berkorelasi. Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data, dapat disimpulkan bahwa LKS virtual laboratory pada materi gerak parabola dan gerak melingkar efektif digunakan dalam pembelajaran yang dapat dilihat dari peningkatan yang berarti kompetensi belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan pada saat sesudah menggunakan LKS virtual laboratory. Serta untuk kompetensi sikap menunjukkan siswa telah melakukan sikap yang baik sekali selama pembelajaran, ditandai dengan kecenderungan meningkatnya ratarata nilai sikap siswa setiap pertemuan. LKS virtual laboratory efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory; Gerak Parabola; Gerak Melingkar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:39
Last Modified: 27 Sep 2024 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54235

Actions (login required)

View Item View Item