Pengaruh Buku Teks IPA Terpadu dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang

Syafri, Syafri (2019) Pengaruh Buku Teks IPA Terpadu dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SYAFRI_15033082_717_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Buku teks IPA terpadu dalam pendekatan Saintifik dapat digunakan untuk mengintegrasikan keterampilan belajar dan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa keterpaduan materi IPA pada buku yang dipakai di sekolah masih secara terpisah , belum sempurnanya pendekatan Saintifik, dan hasil belajar siswa sebagian besar belum mencapai nilai standar IPA disebabkan siswa saat diberikan soal yang kontekstual, siswa belum mampu mengaitkan materi satu dengan materi lainnya secara keterpaduan. Solusi dari masalah ini adalah menerapkan Buku Teks IPA Terpadu dalam Pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan hubungan Buku Teks IPA Terpadu dalam Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan mengombinasikan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol sebanyak 63 siswa. Intrumen penelitian terdiri dari lembar posttest, lembar penilaian unjuk kinerja, dan lembar observasi sikap siswa. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan dua rata-rata, regresi linear sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk seluruh kompetensi siswa. Hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dari penggunaan Buku teks IPA Terpadu dan terdapat hubungan yang signifikan penerapan Buku Teks IPA Terpadu dalam pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa untuk seluruh aspek hasil pembelajaran. Dibuktikan dari analisis data untuk seluruh aspek kompetensi. Pada uji kesamaan dua rata-rata didapatkan nilai t h dan t` h berada dalam daerah penolakan Ho yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar untuk seluruh aspek kompetensi siswa. Pada uji korelasi product moment didapatkan nilai r xy untuk sikap sebesar 0,41 dinyatakan tingkat hubungan sedang, pengetahuan sebesar 0,411 dinyatakan tingkat hubungan sedang, dan keterampilan sebesar 0,82 dinyatakan tingkat hubungan sangat kuat. Pada uji signifikansi korelasi didapatkan t h berada pada daerah penolakan Ho yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Pada perhitungan koefisien determinasi didapatkan persentase kontribusi Buku Teks IPA Terpadu dalam pendekatan Saintifik untuk aspek sikap sebesar 16,74 %, aspek pengetahuan sebesar 16,893 %, dan aspek keterampilan sebesar 67,16 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Teks; IPA; Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:34
Last Modified: 27 Sep 2024 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54226

Actions (login required)

View Item View Item